Golkar

Golkar

Jumat, 26 Agustus 2016

Kapal Dagang M.S Wonogiri Dalam Kenangan


Kapal Dagang M.S Wonogiri Dalam Kenangan


M.S Wonogiri adalah sebuah Kapal dagang. Pada bulan September tahun 1844 Mr Willem Ruys I. Dzn. dari Rotterdam membuka minatnya untuk membuat sebuah ekspedisi yang dilakukan ke Batavia dengan kapal layar di kapal Rotterdam.

Beberapa waktu kemudian pada bulan Desember 1860 dan setelah pembentukan Willem Ruys dan Sons segera dikirimkan kapal dengan tenaga uap. Sejak 1869 sejak dibukanya terusan Suwz menjadi tonggakera kapal uap. Kapal-kapal uap dari Belanda memulai perjalanan dagangnya ke Hindia Belanda yang diawali oleh Mr Willem Ruys I. Dzn. dari Rotterdam.




Gambar : Lambang STEAMBOAT-Reederij ROTTERDAMSCHE LLOYD via http://www.krlmuseum.nl/


Pertama, pada tahun 1872 yayasan "Rotterdam Lloyd" dan akhirnya di Juni 1883 mulai saat itu Steamship Company "Rotterdam Lloyd" dan berada di Rotterdam untuk berkontribusi dalam penciptaan "layanan penghubung" yang tepat antara belanda dengan koloni-koloninya. Pada awalnya dikelola dengan tujuh kapal yang setiap dua minggu memberi layanan ke Jawa dan Sumatera. 




Foto : Jongos (pelayan) sebagai crew kapal uap ROTTERDAMSCHE LLOYD (1938) via http://www.krlmuseum.nl/

Pertempuran berat Perang Dunia II yang berimbas pada Royal Rotterdam Lloyd. Hingga Royal Rotterdam Lloyd kehilangan akar nya di Indonesia. Pengetahuan dan pengalaman keluarga Ruys dalam mengembangkan bisnisnya melayani Hindia Belanda selam beratus tahun yang telah dibangun tidak dapat digunakan. Pasokan kargo menurun tajam di bawah pengaruh politik Indonesia paska kemerdekaan. Penumpang ke Indonesia segera berhenti sementara arus besar, yang kembali paska kemerdekaan Indonesia sekitar 300.000 orang akhirnya diangkut ke Belanda hingga akhirnya mv Willem Ruys ditarik dari layanan antara Belanda dan Indonesia pada Mei 1958. 



Foto :Warga Belanda dan penduduk pribumi di atas kapal mv Willem Ruys milik Rotterdam Lloyd dalam perjalanan pulang ke Belanda (1955) via http://www.krlmuseum.nl/


"Ruys" kemudian membuat tiga kapal pesiar dan kemudian menyelesaikan dua sailings tambahan di "Europa Kanada Line". Pada tahun yang sama Willem Ruys benar-benar direnovasi dan dibuat menjadi 'layanan keliling dunia ". Pada April 1960 Indonesia mengeluarkan larangan total pengangkutan penumpang dan kargo dari dan ke Indonesia untuk kapal di bawah bendera Belanda. Ketika ms Kertosono pada 6 Agustus 1960 dariTanjung Priok berangkat ke Belanda, yang mengakhiri layanan "Lloyd" yang telah disimpan untuk beberapa lama tahun antara Indonesia dan berbagai belahan dunia.

Pada pada tahun 1953 paska kemerdekaan Indonesia lalu lintas perdagangan dengan menggunakan kapal uap terus berkembang. M.S Wonogiri dibangun pada tahun 1953 di Rotterdam. Diberi nama "Wonogiri" bersama kapal lain sekelasnya yaitu M.S Wonosari untuk menghormati sejarah selama ratusan tahun Rotterdam Lloyd melayani hubungan antara Belanda dengan Hindia Belanda (Indonesia). 

Perjalanan kapal dagang M.S. Wonogiri ini pada tahun 1960 an melayani rute Hong Kong ke Taiwan, dari sana melalui Jepang ke Meksiko . Kemudian di sepanjang pantai barat sepanjang hampir semua port untuk menyeberang kembali ke Singapura atau Hong Kong dari Valparaiso dalam 28 hari.


Gambar : M.S Wonogiri (sillhouette van CEAvan Boeckel) via http://www.nerood.nl/



Name
ms Wonogiri
Year Built
1953
nickname
PIRO
shipping company
Rotterdam Lloyd
  
length oa
143,26 m
Width
20,15 m
Height
12,20 m
Depth
8,24 m
Dwt
10 882
passengers
12
  
Motorcycle
MAN 2 tew, 10 cyl. 8250 pk
Speed
16 miles
  
B at
C.van der Giessen & Zn. Krimpen a / d IJssel
  
to water
1952
completion
1952
  
Eccentric:
 
1952
ms Wonogiri , Kon. Rott. Lloyd.
1970
About 1/7 to KJCPL.
1971
1/11 about to Ruys Transportgroep (Kon Nedlloyd NV) Rotterdam.
1976
28/02 te verkocht Hongkong als " City of Magnificent ", Pacific Interocean Lines (Pte) Ltd. Singapore.
1981
06/12 to Gadani Beach, India for demolition.



Gambar : Data M.S. Wonogiri via http://www.arendnet.com/




Foto : M.S ´´Wonogiri´´ Rotterdamsche Lloyd niet gelopen kaart. via http://www.delcampe.net/




Foto : M.S. Wonogiri [at dock] Photograph by Walter E. Frost.




Foto : M.S. Wonogiri [at hongkong] (1970) via http://www.nerood.nl/




Foto : M.S. Wonogiri [klok] (1970) via http://www.nerood.nl/




Foto : ms Wonogiri - Kombuis. Foto Lloyd Mail. (1955) via http://www.krlmuseum.nl/







Akhir perjalanan kapal dagang M.S Wonogiri setelah 29 tahun keliling dunia berakhir pada tanggal 6 Desember 1981 di Gadani Beach, India untuk dihancurkan.



4 komentar:

  1. Ternyata namaku tercantum disitu, suatu kenangan yang tidak terlupakan selama menjalani tugas PROLA sebagai kadet.

    BalasHapus
  2. Betul2 kenangan yg sulit dilupakan.pertama kali naik kapal sbagai CADET di Pelabuhan Kobe Japan 1975

    BalasHapus
  3. Kalis Budiono
    Crew List no.41

    BalasHapus